Kamis, 12 Juni 2008

BELAJAR DAN MEMPERDALAM AUTOCAD

AutoCAD telah berkembang dengan pesatnya seiring dengan perkembangan teknologi komputer. Saat ini telah meluncur AutoCAD 2009 dengan segala keistimewaan dan tambahan dari versi sebelumnya. Tetapi yang terpenting adalah saat ini semua orang mengenal AutoCAD, bahkan di toko buku banyak sekali buku-buku yang membahas tentang AutoCAD.
Dibandingkan dengan tahun ’80-an sampai dengan ’90-an pekerjaan seorang drafter atau juru gambar sangatlah melelahkan terutama untuk jenis pekerjaan dengan jumlah yang sangat banyak (long dan cross section). Dari penggambaran hasil pengukuran, memasukkan design sampai dengan penggambaran detail bangunan. Hal yang paling melelahkan lagi apabila terjadi revisi setelah didiskusikan dengan pihak Owner.
Segala kemudahan telah disediakan oleh AutoCAD, tetapi banyak yang masih tersembunyi dari autocad itu sendiri karena dibelenggu oleh penggunaan, modul kursus maupun buku-buku tutorial yang bersifat umum. Sebenarnya pemanfaatan AutoCAD tidaklah sebatas itu karena apalah bedanya antara menggambar dengan rapido atau penggambar dengan autocad garis per garis.
Padahal AutoCAD itu sangatkan fleksibel dengan lingkup kerja sang operator dalam artian ada kecerdasan buatan yang dapat dikembangkan dalam AutoCAD melalui AutoLisp ataupun Visual Basic. Kelebihan lainnya yang jarang dimanfaatkan bahwa autocad sangat luwes untuk diconversikan dengan program-program penunjang seperti Mapinfo, illustrator, ArcGis dan lain sebagainya.
Disinilah ajang kita saling berbagi pengetahuan cara mengembangkan AutoCad, bukan sekedar narik garis dan melakukan pekerjaan yang sama setiap hari.

Tidak ada komentar: