Kamis, 12 Juni 2008

Memanfaatkan Microsoft excel dalam pembuatan script autocad

Script pada AutoCAD merupakan serangkaian perintah yang bisa dilakukan pada “Command text”, tetapi bedanya serangkaian perintah tersebut ditulis langsung dari awal sampai akhir. Biasanya script ditulis dalam file text dan diproses dari menu “run script”.
Sewaktu saya belajar Autocad yaitu R12, program inilah yang paling menarik perhatian saya. Script menurut penglihatan saya merupakan suatu keistimewaan tersendiri dari autocad. Saat itu bahkan saya berusaha untuk menggali Script ini dengan membuat program Turbo Pascal untuk menghasilkan file text yang berisi script.
Sesuai dengan perkembangan autocad maka rasanya kita semakin mudah memanfaatkan script ini, yaitu dengan cara mengcopikan langsung deretan perintah ke “command line” autocad dari program pengolah kata. Tetapi karena deretan perintah tersebut agar lebih flesibel dengan adanya faktor pengubah maka sebaiknya menggukanan excel. Microsoft Excel saat ini merupakan program paling favorit, sehingga sebagian besar orang pasti telah terbiasa dengan program ini.
Kita ambil contoh plotting suatu titik coordinat tempat pada suatu peta rupa bumi. Yang perlu disiapkan adalah :
1. Siapkan suatu peta yang telah sesuai dengan system koordinat UTM.
2. Tentukan 3 titik pada peta tersebut sebagai latihan.
3. Kemudihan anda catat posisi dari ketiga titik tersebut (X dan Y kalau perlu Z)
4. Bukalah Microsoft Excel
5. Pada Cell A1 tulislah nomor 1, Cell B1 tulislah nilai X titik 1 dan Cell C1 tulislah nilai Y titik 2 (untuk titik 2,3 dan seterusnya pada baris dibawahnya)
6. Pada Cell E1 tulislah ="(command ""text"" ""J"" ""MC"" """&B1&","&C1&""" ""1"" ""0"" """&A1&""")"&"(command ""circle"" """&B1&","&C1&""" ""1"" ""0"" ""1"")"
7. Copikan Cell E1 tersebut ke bawah
8. Select Cell E1 sampai data terakhir, tekan Ctrl+C
9. Pindah ke Autocad klick “command line” dan tekan Ctrl+V
Hasil dapat dilihat pada kedua gambar di atas, untuk cell A1 s/d A7 dapat diganti dengan Kode, nama atau keterangan lain. Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar: