Kamis, 12 Juni 2008

Memulai Belajar Autolisp

Sebagaimana Script, AutoLisp juga merupakan bahasa pemrograman yang masuk dalam paket program AutoCAD. Fungsi dari AutoLisp adalah untuk membuat kecerdasan buatan yang akan memudahkan pengguna Autocad untuk melakukan pekerjaan berulang sesuai dengan kebutuhan sang pengguna.
Pemanfaatan AutoLisp merupakan suatu perintah untuk melengkapi perintah-perintah autocad dalam bentuk Macro. Kelebihan dari AutoLisp ini sebagaimana bahasa pemrograman lainnya dapat dibuat sesuai dengan kemauan ataupun kebutuhan kita. Pekerjaan seorang drafter dalam suatu bidang tertentu baik itu topografi, rancang bangun, maupun bidang-bidang lain biasanya dengan pekerjaan yang sejenis dan diulang-ulang. Autolisp sangat cocok untuk pekerjaan seperti ini.
Banyak aplikasi tabahan autocad yang dibentuk dari Autolisp ini. Salah satunya adalah Procad. Kalau anda bergerk dibidang pengairan pasti pernah mendengar tentang program ini, yaitu program untuk penggambaran hasil pengukuran topografi, plotting desain, penggambaran bangunan dan gambar-gambar standart.
Kelemahan sekaligus ke istimewaan dari program yang disusun dengan Autolisp ini adalah mudah sekali untuk di edit atau di sesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini sangat flesibel dengan beberapa permasalahan kondisi daerah mupun standar yang berlaku.
Procad atau Irricad ini awalnya disusun dengan autocad r12 kemudian disesuaikan dengan autocad r14. Dengan kemajuan dari autocad itu sendiri saat ini sudah support dengan Autocad 2006. Kelebihan dari autocad 2006 ini dalam bidang autolisp dibandingkan dengan r12 atupun r14 adalah terdapat VisualLisp yang dapat membuka dan sekaligus untuk merubah dari program tersebut. Disamping itu juga dapat memanfaatkan dialog box berupa file menu DCL yang membuat program lebih informative dan komunikative.
Saya akan berusaha membahas bagian per bagian dari program Procad ini dan juga sekaligus menyiapkan Upload programnya.

Tidak ada komentar: